Rabu, 27 Juni 2018

JALAN-JALAN KE LEGOLAND MALAYSIA

Untuk mengisi liburan sekolah tahun ini, kami mengajak anak-anak mengunjungi Legoland Malaysia. Legoland Malaysia terletak di Johor Bahru, tepatnya di kawasan Medini. Jalan-jalan ke Legoland kali ini adalah bagian dari jalan-jalan kami ke Johor Bahru selama 3 hari 2 malam. Detail itinerary nya akan saya buat dalam tulisan berbeda untuk menjadi referensi bagi pembaca yang berencana mengunjungi Johor dengan lama perjalanan yang sama. Jadi tulisan ini akan saya fokuskan untuk mereview pengalaman di Legoland.

Legoland Malaysia terdiri dari 2 park yaitu Legoland Park dan legoland Water Park. Dalam perjalanan kali ini kami membeli tiket 1 day combo, yaitu kami memiliki unlimited access ke dua park dalam satu hari. Kebetulan ada promo di website Legoland Malaysia yaitu beli 1 tiket, diskon 50% tiket kedua. Jadi lumayan murah, dibandingkan dengan harga normal bahkan bila dibandingkan dengan membeli di travel online. Harga tiket normal 1 day combo di konter adalah RM 235 (sekitar Rp. 850 ribu) untuk dewasa dan RM 188 (sekitar Rp. 675 ribu) untuk anak.

Perjalan kami di Legoland kami awali dengan Legoland Park. Kami tiba di lokasi pukul 10.30. Kedua park buka dari pukul 10.00 - 18.00. Begitu memasuki Legoland kita akan disambut dengan patung-patung lego dan toko yang menjual souvenir Lego. Dijual juga payung dan jas hujan plastik apabila dibutuhkan sesuai cuaca. Ketika kunjungan kami tersebut sempat turun hujan sekitar 1 jam. Untuk mengantisipasi ini saya sarankan yang mau berkunjung ke sini membawa mantel hujan plastik sekali pakai. Beli di indonesia hanya seharga Rp. 5.000 sementara kami beli di sini seharga RM 18 atau sekotar Rp. 65.000.

Setelah melewati gerbang masuk Legoland Park kami mengambil foto di beberapa spot yang sangat bagus di depan gerbang masuk. Setelah itu kami menuju MINILAND. Di sini tersedia miniatur dari beberapa kota dan negara di Asia yang terbuat dari lego, antara lain Malaysia, Singapore, India, Myanmar, China, Laos, Philippina, Brunei, Vietnam, Kamboja, Thailand, dan tentu saja Indonesia. Indonesia diwakili miniatur lego dari Tanah Lot, Bali. Di MINILAND kita berkeliling sambil mengambil foto si depan miniatur yang kita suka. Yang menarik adalah di setiap miniatur terdapat tombol yang apabila ditekan akan membuat miniatur berinteraksi dengan pengunjung, misalnya kapal jadi bergerak, meriam menyemprotkan air, dll.

Selanjutnya kami menuju LEGO CITY. Di sini tersedia beberapa aktivitas yang pasti disukai anak-anak. Pertama kali kami naik Legoland Express, yaitu kereta lego dengan rute mengelilingi Miniland.

Setelah itu kami menuju Driving School. Di sini tersedia dua driving school yaitu Junio Drivinh School untuk anak di bawah 6 tahun, dan Driving school untuk anak 6-13 tahun. Karena Gisa dan Given sudah di atas 6 tahun tentu saja mereka ikut driving School. Setelah selesai driving achool maka dapat mengambil Driving license (optional) dengan harga RM 18 per orang.

Tepat di depan Driving school tersedia Boating School. Di sini kita naik boat mengelilingi pulau-pulau buatan yang berisi karakter lego dengan suara dan gerakan yang menghibur.

Di sini tersedia juga Lego City Airport di mana anak-anak bisa naik permainan pesawat yang akan naik dan berputar di ketinggian sekitar 3 meter. Kali ini Gisa dan Given tidak naik karena tidak suka. Di Lego City tersedia juga permainan Lego Rescue Academy dan playground berbentuk kapal yang disebut The Shipyard.

Setelah dua park ini kami pergi ke restoran di dalam LEGO CITY untuk makan siang. Terdapat  berbagai menu paket di sini yang cukup praktis dan harga yang menurut saya tidak terlalu mahal untuk ukuran theme park. Harga makanan sekitar RM 8 - RM 12 per paket.

Setelah makan siang kami menuju LAND OF ADVENTURE. Di sini ada beberapa wahana seperti Beetle Bounce, Pharaoh’s Revenge, Lost Kingdom adventure, Dino Island, dan Burger Junction. Anak-anak kami kebetulan tidak tertarik dengan adventure yang ada jadi mereka hanya bermain di Burger Junction. Burger junction ini mirip seperti play ground yang ada di mal-mal.

Di sebelah LAND OF ADVENTURE terdapat IMAGINATION yang memiliki permainan outdoor, tetapi kebetulan sedang ditutup sementara karena hujan. Jadi kami tidak mencoba nya. Setelah berteduh karena hujan kami memasuki LEGO NINJAGO WORLD. Di sini terdapat berbagai atraksi ninjago, tetapi kami sendiri hanya menyaksikan Ninjago Live show yang sangat spektakuker. Pertunjukan selama 30 menit ini sangat pantas untuk disaksikan. Show berlangsung 30 menit dan dengan jadwal 3 kali yaitu pukul 11.00, 13.00, dan 15.00. Permainan lainnya berupa atraksi yang membutuhkan keberanian. Buat anak laki-laki pasti menyenangkan.

Masih ada 2 park lagi di Legoland ini tetapi karena sudah pukul 15.30 kami segera keluar dan menuju Legoland Water Park yang berada di samping Legoland Park. Kami memang sengaja merancang kunjungan hanya 1 hari karena anak-anak saya tidak terlalu suka permainan adventure. Namun bagi yang menyukai adventure termasuk permainan yang memacu adrenalin, sebaiknya habiskan 1 hari penuh di taman ini dan waterpark di hari berikutnya. Artinya belikah tiket Combo 2 days.

Pukul 15.45 kami memasuki Legoland Water Park. Setelah melewati gerbang masuk langsung menuju lokker dan ruang ganti. Ruang ganti dan kamar mandi bersih dan nyaman. Juga tersedia banyak loker dari ukuran kecil sampai besar untuk disewa.

Di dalam Legoland waterpark terdapat 6 bagian permainan. Satu hal yang sangat bagus adalah bahwa di setiap kolam tersedia cukup pelampung buat anak-anak dengan berbagai ukuran. Bagian pertama adalah waterpark dengan sliding dan air tumpah raksasa.  Waterpark ini sangat besar dengan dekorasi bentuk lego.

Bagian kedua adalah rafting yaitu berisi arus yang mengelilingi keseluruhan Legoland Water Park. Sepanjang arus kita mengarungi dengan ban dan terdapat lego karet yang mengapung sehingga kita bisa refting sambil bermain lego.

Bagian ketiga adalah kolam renang sekaligus kolam ombak. Pada waktu tertentu kolam ini akan memiliki arus ombak.

Bagian keempat adalah kolam anak kecil. Di sini air kolamnya hangat, dengan seluncuran yang tidak terjal. Terdapat pula dekorasi binatang di dalam kolam yang dapat dimainkan sehingga mengeluarkan air dari mulutnya. Kolam ini sangat codok untuk anak balita.

Bagian kelima adalah permainan lego di sungai kecil buatan. Jadi bisa membuat lego dari kapal dan arisnya bisa kita atur sesuai keinginan, karena teraedia pintu2 kecil seperti pintu air. Permainan ini tidak cocok buat anak di atas usia 9 tahun.

Bagian keenam adalah seluncuran raksasa yang sangat tinggi. Bagi kami, ini ekstrim sehingga kami tidak ke sana. Namun bagi anak yang sudah besar wahana ini akan sangat menyenangkan. Kalau Anda membeli tiket Combo 2 days maka akan sangat cocok kalau 1 hari penuh di Legoland Park dan 1 hari penuh di Legoland Water park. Tersedia juga restoran di Legoland Waterpark.

Pukuk 18.00 kami selesai bermain dan segera mandi dan berganti pakaian di ruang lokker. Tersedia banyak sekali kamar mandi dan ruang ganti. Sabun dan shampo sudah disediakan di kamar mandi.

Sampai di sini ulasan saya mengenai kunjungan ke Legoland. Sebagai penutup, saya mau mengintatkan bahwa sebaiknya ketika akan mengunjungi Legoland Park siapkan mantel hujan sekali pakai dari Jakarta. Toh packingnya tidak repot karena kemasan sangat kecil dan sesudah selesai dapat langsung dibuang.  Khusus untuk mengunjungi Legoland Waterpark sebaiknya menyediakan handuk sendiri. Hotel legoland menyediakan handuk untuk disewa tetapi harganya lumayan mahal yaitu RM 30.

Demikian tulisan saya kali ini, semoga bermanfaat. Silahkan tuliskan pertanyaan dan komen Anda di bawah ya. Versi video dari review saya tersedia di travel channel saya, silahkan subscribe supaya tidak ketinggalan. Selamat berlibur.