Rabu, 04 Juli 2018

JALAN-JALAN KE KUALA LUMPUR, TOUR 1 HARI


Bagaimana kalau Anda ingin berwisata ke Kuala Lumpur tetapi waktu sangat terbatas?  Pada liburan kami bulan lalu, kami melakukan perjalanan keluarga ke Kuala Lumpur.  Seperti biasa, kami jalan-jalan dengan anak yang masih kecil, sehingga tentu saja tujuan utama adalah bermain.  Dan kali ini tujuan untuk bermain adalah Sunway Lagoon.

Namun sebelum hari dimana kami akan jalan-jalan ke Sunway Lagoon, kami menjadwalkan satu hari penuh untuk melakukan city tour di Kuala Lumpur.  Karena waktu yang terbatas yaitu hanya 1 hari, maka penggunaan waktu harus efisien supaya dapat mengunjungi lebih banyak tempat. Saya akan menceritakan pengalaman kami di bawah, mudah-mudahan menjadi salah satu masukan bagi yang ingin melakukan tour satu hari di Kuala Lumpur.

Untuk keperluan city tour ini, kami memutuskan untuk menyewa mobil dan sopir yang merangkap guide.  Keputusan ini kami ambil setelah terlebih dahulu melakukan browsing mengenai harga paket tour di Kuala Lumpur.  Rata-rata paket tour hitungan per kepala sehingga jatuhya lebih mahal. Oleh karena itu keputusan kami adalah menyewa mobil dengan sopir merangkap guide.

Seperti biasa, saya selalu melihat referensi atau review dari orang lain sebelum melakukan booking. Kali ini saya banyak membaca alternatif di tripadvisor dan akhirnya pilihan kami jatuh ke Bapak Zaidi.  Beliau mendapat bintang 5 di trip advisor.  Mobil yang digunakan adalah Toyota Innova sehingga pas untuk kami yang berangkat sekeluarga (5 orang).

Tiba di hari city tour, Pak Zaidi sudah menjemput kami di hotel jam 9 pagi.  Karena membawa anak-anak seperti biasa pagi hari adalah pekerjaan berat.  Anak-anak butuh waktu persiapan dan sarapan sehingga kami baru berangkat dari hotel pukul 09.30 waktu KL.

Tujuan pertama kami adalah Batu Chaves.  Ini adalah gua yang berisi kuil Hindu India.  Kami sengaja ke tempat ini dulu supaya perjalanan kita mulai dari luar KL sampai kemudian menuju pusat kota dan juga supauya cuaca belum terlalu panas.  Perjalanan ke Batu Chaves sekitar 30 menit dari KLCC tempat kami menginap.  Di Batu Chaves kita bisa melihat keajaiban gua tempat ibadah umat Hindu dengan patung-patung yang sangat cantik.


Latar belakang adalah patung Murugan setinggi 42,7 meter

Latar belakang kuil dan patung Hanoman. 
Terdapat banyak monyet berkeliaran bebas di kuil ini.

Dari Batu Chaves, kami menuju istana negara Malaysia.  Istana negara ini adalah tempat tinggal Yang Dipertuan Agung (Raja) Malaysia, dan baru digunakan dari tahun 2011.  Jadi ini adalah istana baru.  Istana lama saat ini digunakan sebagai museum dan akan kita kunjungi setelah dari sini.  Di sini kita tidak diperbolahkan memasuki istana, tetapi hanya diperbolehkan mengambil foto dari luar pagar.  Istana Negara Malaysa sangat megah dan mewah dan berdiri di atas lahan yang sangat luas.


Bangunan utama Istana Negara Malaysia

Berfoto bersama penjaga istana 

Pelataran depan Istana Negara Malaysia dengan latar belakang gerbang utama

Dari Istana Negara Malaysia kita lanjutkan ke Museum Diraja Malaysia.  Museum ini adalah istana raja yang lama (sebelum 2011) yang sekarang dijadikan museum.  jadi kalau kita tidak bisa masuk ke dalam Istana Negara Malaysia yang sekarang, di museum ini kita bisa masuk sampai ke seluruh bagian dari istana, termasuk ke dalam kamar tidur raja dan keluarga raja. Sayangnya kita tidak bebas mengambil gambar di dalam bangunan ini.


Pintu utama menuju istana. Di sini ada loket tiket, per orang membayar RM 10,-

Salah satu ruangan di dalam istana, foto diambil petugas.

Di depan pintu utama

Setelah menjelajahi tiga tempat sebelumnya waktu sudah siang, artinya waktunya makan siang.  Supaya sekalian juga mencari souvenir atau oleh-oleh, maka kami makan siang di Central MarketCentral Market ini adalah semacam pusat pasar Mangga Dua yang menjual berbagai barang kebutuhan, dan mayoritas adalah souvenir.  Di lantai dua terdapat food court yang menjual berbagai makanan dan minuman.  Walau pun di pasar, jangan kuatir, di dalam nya full AC. Kami menghabiskan 2 jam di tempat ini, total untuk makan siang dan belanja.  Makanan di sini juga tidak mahal, harga sama dengan di Jakarta.

Tujuan berikutnya setelah dari Central Market adalah The Thean Hou Temple yang merupakan wihara terbesar di Kuala Lumpur.  Wihara ini memiliki arsitektur china dengan taman dan halaman yang luas dan dihiasi dengan patung Shio.  Lokasi yang ada di dataran tinggi juga membuat suasana di sekitarnya sangat asri dan sejuk.

Foto wihara saya ambil dari arah pintu masuk

Photo dengan patung shio Naga

Salah satu sudut halaman wihara

Setelah itu perjalanan dilanjutkan untuk photo stop di Lapangan Merdeka.  Lapangan merdeka adalah tempat upacara peringatan kemerdekaan Malaysia setiap tahun nya.  Di lokasi ini terdapat juga Kuala Lumpur City Galery dengan logo I love KL. Selain untuk mengambil foto, kami juga beristirahat di sini untuk menikmati es krim durian ala Kuala Lumpur di kafe yang berada di Kuala Lumpur Galery.





Waktu sudah menjelang sore.  Kita masih punya waktu untuk mengunjungi dua tempat lainnya yang menjadi ikon kota Kuala Lumpur.  Tujuan pertama adalah KL Tower, yaitu menara pemancar yang berbentuk buah nanas. Di lokasi ini juga terdapat rumah terbalik, tetapi kami tidak sempat masuk karena waktu tidak cukup.





Tujuan ikon kedua akan menjadi tujuan terakhir pada tour hari ini yaitu Twin Tower.  Pertama kali kami mengambil foto dari daerah sekitar Twin Tower yang memungkinkan berfoto dengan latar belakang Twin Tower secara utuh.  Setelah itu barulah kami menuju Twin Tower dan Surya Mall yang ada di bagian bawahnya.  Tour satu hari pun berakhir di sini, sekaligus kami akhir dengan makan malam di Surya KLCC. Terdapat banyak pilihan makanan di sini.

Foto dengan back ground gedung Twin Tower

Suasana dalam mall Surya KLCC

Sampai di sini tour satu hari di Kuala Lumpur, semoga bermanfaat. Apabila ada pertanyaan atau komentar, silahkan dituliskan di bawah.  Beberapa video perjalanan ini juga akan syaa upload di travel channel saya. Salam dan Selamat Berlibur.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JALAN-JALAN KE RABBIT TOWN BANDUNG : Wisata Selfie Terbaru di Bandung

Bandung adalah tempat yang tidak pernah membosankan untuk dikunjungi.  Banyak tempat yang neak dan menarik untuk dikunjungi, apalagi bagi tr...