Kamis, 07 Juni 2018

JALAN-JALAN KE SINGAPURA, ITINERARY 5 HARI 4 MALAM (5D/4N)

Singapura adalah kota tujuan wisata luar negeri yang paling sering dikunjungi wisatawan asal Indonesia.  Oleh karena itu hampir semua tujuan wisata di Singapura sudah akrab dengan masyarakat Indonesia.  Namun kali ini saya akan memberikan alternatif itinerari untuk jalan-jalan ke Singapura, yang bisa digunakan oleh yang baru pertama kali berkunjung ke negeri singa atau pun yang sudah biasa tetapi sebelumnya belum pernah melakukan dengan itinerari yang tersusun rapi.



Seperti perjalan kami sebelumnya, kami selalu mengatur sendiri keperluan untuk perjalanan. Begini kami mengaturnya kali ini:
  • Untuk tiket, saya selalu mencari tiket yang paling murah dan paling pas dengan rencana perjalanan kami.  Saya selalu mengunakan skyscanner atau momondo untuk mencari penawaran terbaik, karena memiliki filter untuk menyesuaikan dengan kebutuhan kita.
  • Untuk hotel saya biasa membandingkan beberapa situs, tetapi saya paling sering menggunakan agoda atau traveloka.
  • Untuk tiket atraksi saya beli online di Singaporecitypass.com
  • Untuk airport transfer, sebenarnya ada pilihan menggunakan MRT. Tetapi karena perjalanan bersama anak-anak, maka agak ribeut membawa koper untuk pindah train atau pun perjalanan dari stasiun menuju hotel. Jadi kami menggunakan taksi.

Sebagaimana cerita perjalanan kami yang lain di blog ini, itinerari kali ini difokuskan bagi keluarga yang melakukan perjalanan keluarga dan terdapat anak kecil. Oleh karena itu di itinerari ini tidak akan Anda temukan acara khusus belanja ke mall besar atau ke Orchard misalnya.  Apabila perjalanan hanya 4 hari 3 malam, maka saya menyarankan untuk menghilangkan hari ke-2.  Sebaliknya apabila perjalanan Anda sampai 6 hari/5 malam maka saya menyarankan menambahkan 1 hari khusus di hari terakhir untuk mengunjungi Singapore Zoo, Jurong Bird Park, dan Botanical Garden (kami melakukan nya pada kunjungan kami sebelumnya).


HARI KE-1

Hari ketibaan di Singapura.  Karena lokasi Singapura sangat dekat dengan Indonesia dan penerbangan hanya 1,5 jam dari Jakarta, kami mengambil penerbangan pagi hari dari Jakarta. Anak-anak tidak butuh waktu khusus untuk recovery, sehingga bisa langsung lanjut perjalanan.  Oh iya, harap diingat ya, waktu di Singapura 1 jam lebih awal dari waktu Jakarta. 



Setelah tiba di Changi, kami naik taksi menuju hotel.  Sebelumnya kami sudah memesan hotel di Pulau Sentosa.  Tiba di hotel belum bisa check in, maka kami hanya menitipkan koper di hotel dan kemudian langsung mencari makan siang.  Di Pulau Sentosa tersedia banyak restoran dan food court.

Setelah makan siang kita menjelajahi Pulau Sentosa dengan monorail.  Kita bisa turun di setiap stasiun dan kemudian naik lagi tanpa harus membayar.  Kami memutuskan menikmati sore di Siloso Beach, setelah itu kembali ke hotel, check in, istirahat, dan makan malam.  Di Pulau Sentosa ini terdapat juga Kidzania, tetapi kami tidak ke sana karena sama saja dengan di Indonesia tetapi harganya jauh lebih mahal. Untuk makan malam kami tidak membeli di hotel, karena harganya sangat mahal. sebaiknya mencari makanan di luar saja, karena selain banyak pilihan juga bisa sekalian jalan-jalan menikmati suasana malam di Pulau Sentosa.

Di salah satu sudut Resort World Sentosa

Kolam di depan Resort World Sentosa

Kalau malam ada pertunjukan Wings Of Time di sini

Siloso Beach, Sentosa

Taman di Vivo City, tempat yang cocok untuk makan malam


HARI KE-2

Hari ini waktunya menikmati fasilitas theme park dan permainan di Resort World Sentosa.  Pagi hari diawali  mengunjungi S.E A Aquarium, yaitu akuarium raksasa yang bahkan pernah tercatat sebagai yang terbesar di Asia.  Di dalam akuarium ini anak-anak dapat melihat habitat laut yang beragam.  Khusus untuk anak-anak terdapat juga aktifitas di dalam akuarium yang biasanya tema nya berganti-ganti.

Di dalam SEA Aquarium

Di dalam SEA Aquarium

Salah satu aktifitas anak-anak di dalam SEA Aquarium

Setelah dari Aquarium dilanjutkan dengan The Maritime Experimental Museum.  Museum ini menampilkan sejarah maritim di berbagai negara, termasuk Indonesia.  Terdapat juga replika kapal besar sehingga memberikan gambaran buat anak-anak mengenai kapal layar dan dunia pelayaran.

Setelah dari Museum waktunya makan siang. Untuk makan siang, kami memilih di food court karena harga lebih murah dan pilihan makanan beragam,  Cuma harus hati-hati karena terdapat beberapa stan menjual makanan yang tidak halal.  Kalau mau aman, tersedia juga beberapa fast food di lantai bawah seperti Texas Chicken dan McD, dan juga restoran halal lain nya di luar food court.

Setelah makan siang, waktunya menjelajah Universal Studio. Di dalam Universal studio terdapat berbagai wahana dan juga tempat tematik yang memberikan pengalaman tersendiri bagi anak-anak.  Tedapat juga beberapa live show, silahkan lihat jadwalnya di informasi atau flyer ya.  Universal Studio Singapore buka sampai pukul 19.00.  Namun khusus Jumat dan Sabtu buka sampai pukul 22.00.

Depan Unoversal Studio Singapore
Salah satu show di Universal studio


HARI KE-3

Waktunya menjelajah kota Singapura dengan mengikuti City Tour.  Sebelumnya kami sudah membeli paket 2 days Singapore City Pass melalui online.  Paket ini sudah termasuk 2 hari akses bus hop on hop off, 1 kali night tour, dan beberapa tiket atraksi. Terdapat shuttle bus dari Pulau sentosa sehingga kita tidak membutuhkan transportasi tambahan.

Pagi hari kami terlebih dahulu mengambil hop on hop off mengelilingi kota Singapura. Terdapat 3 jalur bus.  Kami menjalani ketiga rute bus tersebut sampai akhirnya turun di patung Merlion untuk foto.
Patung Singa Merlion

di depan Fullerton, masih di kawasan Merlino

Marina Bay Sand sebagai latar belakang, foto di kawasan Merlion

Menjelang petang, kami mengikuti guided tour dengan kendaraan amphibi, melintasi dataran dan akhirnya masuk ke laut di Marina Bay.  Artinya hanya dalam 1 hari kami sudah menjelajah hampir seluruh kota Singapura dari darat dan laut dan sudah termasuk mengunjungi ikon utama Singapura yaitu patung Merlion. 

Menikmati Singapore dari atas kapal amphibi


Puncak dari city tour hari ini adalah mengikuti Night Tour yang sudah merupakan bagian dari paket Singapore City Pass.  Tour malam ini salah satu yang disukai oleh anak-anak karena pertama-tama kami melewati pusat kota Singapura di malam hari dengan bus (sehingga bisa melihat lampu-lampu Singapura di malam hari), dilengkapi dengan penjelasan dari guide sepanjang perjalanan. Puncak dari tour malam adalah mengunjungi Big Trees di Gardens By The Bay untuk menyaksikan pertunjukan musikal Garden Rhapsody, yaitu pertunjukan musik dengan lampu-lampu hias yang menari di pohon besi raksasa yang ada di Gardens by The Bay.



HARI KE-4

 Kembali di pagi hari kita naik shuttle bus dari Pulau Sentosa, dilanjutkan dengan menaiki bus Hop on Hop Off. Kali ini kita akan mengunjungi Gardens by the bay utnuk melihat 2 conversatory yang ada di sana. 

Pertama-tama kami mengunjungi Flower Dome, dimana terdapat berbagai koleksi tanaman hias dan bunga yang dibagi dalam berbagai zona.  Lokasi ini sangat cocok untuk memberikan edukasi kepada anak-anak.







Selanjutnya kita menuju Cloud Forest yaitu gunung buatan tertinggi di dunia, yang memuat koleksi habitat-habitat hutan tropis yang dipelihara dan ditata dengan baik. 





Setelah selesai mengunjungi Gardens by the bay kami menaiki lagi bus hop on hop off, kali ini kami menuju China town.  Di sini kita bisa menikmati suasana kota china town sekaligus menikmati berbagai kuliner khas pecinaan.  Di sini terdapat berbagai macam buah segar yang langsung dapat dinikmati.  Setelah selesai menjelajah China Town, waktunya  kembali ke hotel untuk beristirahat untuk beristirahat.


Salah satu sudut China Town

Tempat kuliner di China Town
  
Tempat belanja di China Town


HARI KE-5

Hari ini waktunya kembali ke Jakarta. Penerbangan kami ke Jakarta adalah sore hari, sehingga siang hari nya sebenarnya dapat dimanfaatkan untuk belanja di Singapura. Tapi kami menurut kami  barang-barang di Singapore lebih mahal.  Kami memilih untuk lebih awal ke Bandara dan menyiapkan waktu untuk wisata di Bandara Changi. 

Kami sudah tiba di Changi 5 jam sebelum waktu keberangkatan. Setelah check in dan melewati pemeriksaan imigrasi, kami menikmati wisata di Bandara Changi. Di bandara Changi terdapat berbagai tempat wisata berupa taman, tempat bermainm dan wisata kuliner.  Kita juga bisa berpindah antar terminal dengan menggunakan monorail yang selalu tersedia melewati terminal 1,2, dan 3. 

Di Terminal 2 Changi

Taman di dalam Bandara Changi

Salah satu bagian dari Changi


Demikianlah catatan perjalanan kami kali ini, semoga bermanfaat bagi pembaca semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JALAN-JALAN KE RABBIT TOWN BANDUNG : Wisata Selfie Terbaru di Bandung

Bandung adalah tempat yang tidak pernah membosankan untuk dikunjungi.  Banyak tempat yang neak dan menarik untuk dikunjungi, apalagi bagi tr...