Rabu, 06 Juni 2018

JALAN-JALAN KE LONDON, ITINERARY 6 HARI 5 MALAM (6D/5N)

Ini adalah lanjutan dari tulisan saya sebelumnya.  Kali ini saya akan menceritakan perjalanan kami ke London.  Seperti di tulisan saya sebelumnya, kami mengunjungi London setelah melakukan perjalanan ke Edinburgh dengan kereta Virgin Train. Dengan Virgin train pula kami tiba di kota London siang hari sekitar pukul 13.00.




Sebelum saya menceritakan tempat-tempat yang kami kunjungi dan dapat menjadi masukan bagi pembaca ketika menyusun itinerari perjalanan ke London, saya akan menceritakan dulu bagaimana kami merancang perjalanan di London. 

Perjalanan kami ke London tidak menggunakan travel agent atau ikut paket tour.  Kami mencari sendiri semuanya termasuk merancang itinerari perjalanan dari Indonesia.  Kami banyak terbantu oleh sharing beberapa orang di blog mereka, sehingga kami akhirnya bisa menyusun itinerari yang cocok buat kami. Berdasarkan pengalaman itu lah saya membuat tulisan ini, dengan harapan menjadi tambahan masukan bagi yang lain juga. 

Kembali ke penyusunan rencana perjalanan dari Indonesia, begini cara kami mengatur transportasi dan akomodasi :  
  • Tiket pesawat : kami mencari dulu beberapa situs travel agent, airline, dan agregator (skyscanner) sampai akhirnya saya menemukan tiket pesawat yang paling murah dengan kriteria penerbangan dan waktu yang kami inginkan.  Akhirnya kami membeli tiket pesawat melalui traveloka dengan naik pesawat Turkish Airlines. 
  • Airport transfer : Kami memesan Heathrow express PP dari airport ke Paddington Station (London) satu bulan sebelumnya melalui www.heathrowexpress.com sehingga mendapat harga promo. Harga tiket PP sekitar 55 pounds untuk kami berempat.
  • Hotel/Akomodasi : Untuk tempat tinggal kami mencari di airbnb.  Kami mendapat apartemen dengan 1 kamar tidur, 1 ruang tamu dengan sofa bed,  1 dapur, 1 kamar mandi dengan harga sekitar US$ 200 per malam.  Lokasi di tengah kota dan cukup jalan kaki ke stasiun MRT (tube) dan dekat dengan supermarket tentunya.
  • Transportasi : Selama di London, kami menggunakan transportasi umum yaitu bus dan underground (tube).  Bagi yang terbiasa dengan MRT di Singapura, tube adalah versi jadul nya. Jadi beberapa stasiun bawah tanah di London masih diakses dengan tangga (tanpa eskalator).  Jadi pastikan stamina kuat ya. Untuk tujuan tertentu, menggunakan bus lebih praktis dibandingkan dengan tube. Satu hal yang saya suka adalah bahwa anak-anak sampai umur 12 tahun gratis menggunakan transportasi umum di London (train and bus).
suasana underground

Bus umum
  • Makan : Makanan di London sama dengan negara eropa lainnya, biasanya roti atau sandwich.  Untuk anak-anak, sekali-kali makan roti mungkin oke, tetapi kalau setiap hari akan bosan juga. Oleh karena itu kami membeli beras dan bahan masakan di supermarket dan kami masak di apartemen, kemudian kami bawa ketika kami jalan-jalan.  Kami ingin memastikan anak-anak makan cukup supaya bisa menikmati perjalanan.
Nah, sekarang saya akan menceritakan aktivitas liburan kami di London.  Saya memisahkan itinerari berdasarkan per hari, sehingga bagi yang jumlah hari liburan di London tidak sama dengan yang kami alami, dapat skip hari tertentu sesuai kebutuhan.

1.  London Pass
Setelah membaca sharing dari beberapa blog, akhirnya kami memutuskan membeli London Pass melalui online jauh hari sebelumnya, sehingga mendapat diskon.  Keuntungan membeli London Pass adalah bahwa di dalamnya sudah terdapat tiket masuk ke beberapa atraksi dan yang paling penting, kita memiliki akses "skip the line".  Jadi selain harga atrsaksi menjadi lebih murah, kita juga hemat waktu.


2.  Hop on Hop off
Sama seperti di Edinburgh, kami mengawali tour London dengan berkeliling kota London menggunakan bus hop on hop off.  Bus ini terdiri dari beberapa rute dan kita bisa menaiki nya sepuasnya selama 1 hari penuh.  Kami memilih mengikuti seluruh rute tanpa turun terlebih dahulu, untuk menikmati kota London. Aktivitas mengelilingi kota London dengan Bus Hop on Hop off dapat menjadi pilihan di hari pertama kita tiba di London. 

Lokasi shooting film Harry Potter




HARI KE-2 

3.  Buckingham Palace : Changing of The Guard
Mengunjungi London tidaklah lengkap tanpa mengunjungi istana Buckingham yang terkenal itu.  Kami sengaja ke sini pagi hari untuk menyaksikan upacara pertukaran penjaga (Changing of The Guard) yang diadakan setiap pukul 11.00.  Saat kami tiba di lokasi pukul 10.00, depan pagar istana sudah penuh.  Akhirnya kami mendapat tempat di seberang jalan.  Tapi ini justru memberikan pemandangan yang bagus karena kami bisa terlebih dahulu melihat persiapan pasukan di Barrack, sebelum mereka berbaris menuju istana.  Setelah upacara, kita bisa menikmati pemandangan di sekitar istana, termasuk mengunjungi taman luas di depan istana yaitu Royal Park.  



Suasana di depan istana sebelum upacara pertukaran penjaga

Taman bunga di depan istana, sangat indah dan rapi

Suasana setelah upacara pertukaran penjaga



4.  The Royal Park
The Royal Park adalah taman luas dan asri di depan istana Buckingham.  Setelah berwisata di sekitar istana, kami menuju The Royal Park.  Di sini anak-anak bisa berkativitas dan bermain sambil menikmati taman yang indah.  Terdapat play ground, beberapa danau dan jembatan, dan tentu saja kursi-kursi taman dan lapangan rumput yang luas. Di dalam taman juga tersedia restoran dan kafe sehingga kami memutuskan menikmati makan siang kami di tengah taman ini.

salah satu pemandangan di The Royal Park


5. London Bridge
Anak kecil pasti tidak bisa lupa dengan London Bridge, karena lagu nya sangat terkenal di kalangan anak-anak. London bridge sejatinya hanyalah jembatan biasa di atas sungai Thames, tetapi sejarah dan lagu nya membuatnya menarik.  Dalam perjalanan ke London Bridge, kita akan melewati Monument, yaitu tugu perjuangan di kota London.

The Monument

London Bridge

Di atas London Bridge dengan latar belakang Tower Bridge

Masih dengan latar belakang Tower Bridge

Prasasti bertuliskan text lagu London Bridge


6.  Tower Bridge
Banyak orang menyangka bahwa Tower Bridge ini adalah London BridgeTower bridge memang back ground foto yang paling bagus apabila berfoto di atas London Bridge, karena posisinya sejajar di atas Sungai Thames.  Tetapi keduanya berbeda.  Tower Bridge adalah jembatan yang bisa dibuka dan tutup ketika ada kapal yang melintas di bawah nya. Di Tower Bridge kami mengikuti tour yang membawa kita ke perjalanan masa pembangunan nya jaman dulu, juga ke ruang mesin yang menggerakkan jembatan ketika akan turun atau naik.  Terdapat juga glass floor di lantai atas jembatan sehingga kita bisa berdiri dan langsung melihat ke jalan raya dan Sungai Thames di bawah.  Anak-anak yang berani berdiri di glass floor diberikan sticker.  

Tower Bridge dari tepi sungai Thames

Glass Floor di atas Tower Bridge

Jembatan Tower Bridge dan Sungai Thames di bawah

Gisauli dan Givenia masing-masing mendapat stiker


7. HMS BALVAS Tour
HMS Balvas adalah kapal perang Inggris yang sangat perkasa di masa perang dunia kedua.  Kapal ini dijadikan museum mengapung di Sungai Thames.  Di dalam kapal ini kita bisa melihat kecanggihan kapal dan juga dilengkapi dengan penjelasan sejarah dan pengalaman kapal dalam pertempuran, baik berupa tulisan atau pun video.  Ini seperti pelajaran sejarah buat anak-anak. Di dermaga kapal ini juga tersedia kafe yang sangat cocok untuk beristirahat sambil menikmati pemandangan Sungai Thames.

Di atas dek kapal HMS Balvas

Salah satu sudut di atas kapal

Kafe di dermaga tempat kapal bersandar

9. Thames River Cruise
Di sore hari kami mengikuti tour menyusuri Sungai Thames dengan menggunakan kapal.  Sungai Thames adalah sungai besar yang membelah kota London dan dulunya mejadi jalur perdagangan penting. Dengan cruise ini kita bisa melihat pemandangan kota London dari atas Sungai Thames.  Beberapa bagunan ikon kota London seperti Big Ben, London Eyes, London Bridge, Tower Bridge, Tower of London, dapat kita nikmati dari atas kapal saat cruise.

Thames River Cruise

Pemandangan dari atas kapal


9. Tower Bridge lifting
Kalau di siang hari kami mengunjungi Tower Bridge dari dalam, malam hari kami datang lagi sehabis makan malam ke pinggir sungat Thames, hanya untuk menyaksikan jembatan terangkat ketika ada kapal yang lewat.  Jadwal bridge lifting dapat dilihat di website resmi Tower Bridge.  Sambil menunggu malam hari, kami menikmati istirahat dan makan malam di sekitar Tower of London.

Tower of London di sore hari

Tower of London di sore hari
Tower of London di malam hari

Saat jembatan terangkat karena ada kapal yang lewat

Suasana Tower Bridge di malam hari



HARI KE-3
Karena hari kedua jadwal penuh sampai malam, kami memilih hari ini adalah wisata alam dengan schedule lebih santai. 

10. London Zoo
Setelah cukup beristirahat malam dan menikmati sarapan di apartemen, kami memulai hari ini dengan mengunjungi kebun binatang London (London Zoo).  London Zoo sejatinya bukanlah kebun binatang besar, masih kalah dengan Taman Safari di Bogor.  Tetapi kami memang sengaja ke sini ingin melihat beberapa binatang yang tidak ada di kebun binatang di Indonesia. Kami menghabiskan banyak waktu di sini, menikmati taman, show binatang, dan juga makan siang di restoran yang ada di dalam London Zoo. Oh iya, restoran  nya besar dan keren. Menikmati fish and chips di sini benar-benar enak dan berkesan.


Restoran di London Zoo

Pinguin Show

11. Regent Park
Regent Park adalah salah satu taman kota yang terbesar di London.  Lokasinya yang berdekatan dengan London Zoo membuat kami merancang itinerari ke taman ini setelah dari London Zoo.  Tersedia play ground dan arena bermain yang sangat luas di lapangan terbuka dengan cuaca sejuk dan banyak burung merpati.


12. Westfield
Westfield adalah mall yang terletak di pinggiran kota London.  Kalau umumnya toko dan perbelanjaan di London tutup pukul 18.00, Westfield tetap buka hingga pukul 21.00.  Kami menikmati makan malam di sini karena tersedia berbagai restoran asia dengan menu nasi, dilanjutkan dengan berbelanja. Di mall ini terdapat banyak pilihan restoran, butik-butik dari brand ternama seperti LV, GUCCI, dll, dan juga Debenhams. Dan yang penting lagi, di mal ini terdapat konter tax refund sehingga kita tidak perlu mengurus tax refund di airport.

Di salah satu restoran Thailand di Westfield

Di depan salah satu toko di Westfield

Palataran depan Westfield


HARI KE-4

13. Emirates Stadium Tour
Itinerari ini sebenarnya saya yang mau. Tetapi seluruh anggota keluarga juga bisa menikmati karena tersedia paket tour.  Lokasi stadion ini sekitar 30 menit dari pusat kota London. Dalam paket tour Emirates Stadium yang dapat kita ikuti dengan membayar 25 pounds per keluarga, kita akan mengunjungi bagian dalam stadion yang menjadi markas klub Arsenal, termasuk melihat ruangan dan fasilitas yang tersedia di dalamnya.  Setelah itu kita melanjutkan mengunjungi museum yang memuat sejarah dan perkembangan klub Arsenal.



14. Big Ben/Westminster Palace and London Eyes
Tempat ini tidak diragukan lagi adalah salah satu tujuan wisata terkenal di kota London dan menjadi salah satu ikon kota London.  Dari sini dapat dilanjutkan mengunnjungi London Eye. Dalam perjalan kami, karena anak-anak tidak mau naik London Eye, maka kami tidak mengunjungi nya dan hanya mengambil foto dari seberang Sungai Thames.

Foto dengan latar belakang London Eye


Foto dengan latar belakang Big Ben

Westminster Palace


15. Shopping Time:
Shopping kali ini kita mengunjungi 2 tempat sbb:  
  1. Oxford Street : Ini adalah kawasan belanja paling rame dan luas di London.  Sepanjang jalan dapat kita temui toko-toko branded, restoran dan kafe, sampai department store khas London seperti H&M, Marks and Spencer, dan Debenhams
  2. Covent Garden : Menjelang sore hari menuju tempat ini. Selain tempat belanja, di sini juga tersedia beberapa restoran dengan disain unik dan bangunan tua. Kami menikmati makan malam yang indah di Covent Garden sambil menikmati pertunjukan seni di lapangan terbuka di dalam Covent Garden.
Oxford street


HARI KE-5
Itinerari hari ini adalah ke luar kota London, tepatnya ke Windsor.  Ada dua tempat di Windsor yang kami kunjungi dan sangat disukai oleh anak-anak yaitu Windsor Castle dan Legoland Windsor. Perjalanan dari London ke Windsor adalah 30 menit menggunakan kereta.

Royal Queen Train di stasiun Windsor

Salah satu sudut stasiun Windsor

Di depan gerbang stasiun Windsor


16. Windsor Castle
Windsor Castle adalah istana peristirahatan Musim Panas Ratu Elisabeth dan terletak persis di depan stasiun Windsor.  Jadi kita tidak memerlukan transportasi tambahan dari stasiun menuju castle ini. Castle ini masih sering dikunjungi oleh keluarga kerajaan.  Suasana lingkungannya asri dan sejuk, ditambah disain cafe di sekitarnya yang sangat nyaman.

Latar belakang adalah pintu depan Windsor Castle

Latar belakang halaman samping Windsor Castle



17. Legoland Windsor
Dari Windsor Castle kita perlu naik bus menuju Legoland.  Namun tidak perlu kuatir, tersedia shuttle bus gratis ke Legoland. Jadwal bus juga tersedia di halte di dekat Windsor Castle, sehingga kita bisa mengatur waktu. Legoland adalah surganya bagi anak-anak.  Dengan taman bermain yang sangat luas, terdiri dari beberapa segmen, tempat ini sangat tepat untuk liburan keluarga.  Ditambah lagi kondisi cuaca yang sejuk membuat perjalanan di Legoland Windsor tidak akan terasa capek.  Terdapat juga water park di dalam Legoland ini. Sayangnya Legoland ini hanya buka sampai pukul 18.00.  



Hari keenam sebelum menuju airport kami gunakan untuk berbelanja di Oxford Street.  Kami juga sengaja berangkat ke airport lebih awal, supaya memiliki waktu yang cukup untuk menikmati wisata di dalam Heathrow Airport.  Di airport ini tersedia tempat belanja, tempat makan dan arena bermain bagi anak-anak.  



Sampai di sini liputan perjalanam keluarga kami ke London, waktunya kembali menuju Jakarta.  Semoga blog ini bermanfaat bagi pembaca sekalian.  Apabila ada pertanyaan atau komentas silahkan disampaikan di kolom komentar di bawah, saya akan berusaha membalasnya.

1 komentar:

  1. Wynn casino opens in Las Vegas - FilmfileEurope
    Wynn's first hotel casino in 출장샵 Las Vegas since opening its doors nba매니아 in 1996, Wynn Las Vegas is the หารายได้เสริม first hotel kadangpintar on the febcasino Strip to offer such a large selection of

    BalasHapus

JALAN-JALAN KE RABBIT TOWN BANDUNG : Wisata Selfie Terbaru di Bandung

Bandung adalah tempat yang tidak pernah membosankan untuk dikunjungi.  Banyak tempat yang neak dan menarik untuk dikunjungi, apalagi bagi tr...